Saturday 16 January 2016

Special Steel di Indonesia


Special Steel di Indonesia sangat berhubungan dengan keadaan wilayah yang sangat unik. Jika negara Indonesia telah lama dikenal sebagai Negara kepulauan maritim, maka seharusnya sudah dikenal juga bahwa kawasan Indonesia memiliki aktivitas vulkanik yang sangat tinggi. Salah satu implikasi vulkanisme regional ini adalah melimpahnya bijih besi. Terbuktinya jumlah bijih besi yang sangat besar ini bahkan dapat ditemukan di pasir pantai sekalipun. Bijih besi inilah yang kemudian diolah menjadi besi dan baja, salah satunya adalah Special Steel.
Demikian pula dengan keberadaan perusahaan – perusahaan yang telah lama bergerak di produksi besi dan baja. Dengan keadaan yang unik ini maka sudah pula dikenal produksi oleh perusahaan besi di Indonesia. Salah satu produk besi yang dikenal secara internasional adalah Special Steel, yaitu baja khusus yang dibuat dengan spesifikasi kegunaan tertentu, seperti kebutuhan industri, pembangunan, konstruksi bahkan otomotif.
Wire Steel , Special Steel Indonesia
Akan tetapi baja khusus ini tidak muncul pertama kali di Indonesia, itulah kenapa produk besi ini lebih dikenal dengan istilah Special Steel tadi. Sebuah besi yang telah dicampur dengan elemen paduan atau juga dikenal dengan Alloy, akan membentuk sebuah sifat khusus tertentu tergantung dengan elemen alloy tadi. Dalam sejarah, metode yang paling awal dikenal adalah “mushet” karena diciptakan oleh Robert Mushet dari Kanada. Produk besi yang dikenal dengan nama Special Steel memang adalah baja paduan atau Alloy steel, semua baja biasanya adalah besi yang dicampur dengan elemen elemen lain. Walaupun masih ada permintaan pasar untuk memproduk besi murni, Special Steel masih menduduki permintaan produk yang paling besar.

Cold Heading Quality Wire
Baja paduan atau Special Steel ini memiliki sifat yang berbeda beda. Salah satu paduan ini juga termasuk mineral lainnya seperti emas, nickel, manggan, tungsten (wolfram) dan carbon. Khusus untuk baja Mushet, adalah besi yang tidak memiliki sifat magnetic. Mushet adalah Special Steel yang kegunaanya paling banyak digunakan sebagai alat (tool steel). Permintaan yang paling banyak untuk produk Special Steel di Indonesia adalah produk yang kemudian akan digunakan secara khusus karena sifatnya yang kuat.
Beberapa elemen paduan ini tergantung pada jumlah atau komposisi paduannya. Untuk kekuatan maka diperlukan komposisi karbon yang tinggi.  Selain carbon elemen yang dapat digunakan sebagai bahan paduan adalah; nikel, kromium, kobalt, tembaga, seng dan timah. Sementara unsur kimia pun bisa dijadikan paduan antara lain adalah silikon, fosfor atau belerang.
Baja khusus Indonesia dikenal sebagai salah satu produk baja khsusus yang memenuhi kebutuhan pasar di seluruh dunia. Dikenal dengan nama Indonesian Special Steel, diproduksi unutk bahan - bahan antara lain stainless steel, kawat baja (wire steel), baja karbon, baja pisau cukur dan plate deck.

No comments:

Post a Comment