Wednesday 20 January 2016

Sifat baja khusus




Ada Banyak jenis baja khusus, sehingga dapat dibagi-bagi dari sesuai sifatnya, seperti; komposisi paduan-nya, tingatakan (grades) dsb. Special Steel adalah sebuah baja yang diciptakan untuk memenuhi sifat sifat ini. Salah satau sifat baja pada pasar Special Steel Indonesia, dan sering digunakan dalam pabrik manufaktur baja adalah sifat mekanik-nya.

Special steel indonesia
Sifat mekanik baja bisa Dibedakan menjadi 5 kategori. Setiap kategori dapat dicapai oleh berbagai cara dalam proses pengolahan seperti Heat Treatment maupun merubah kandungan dengan menambahkan beberapa unsur mineral atau kimia. Penambahan unsur ini pun beragam sesuai dengan kombinasi dan komposisinya. Kemudian salah satu proses yang sangat membedakan dengan pengolahan lainnya adalah teknologi yang digunakan dalam proses manufakturnya.

Special dalam istilah Special Steel bermaksud untuk menjelaskan baja yang diperuntukan untuk kebutuhan tertentu. Cara pengolahan ini akan sangat beragam pada setiap masing masing produsen, entah dalam proses manufaktur-nya, penambahan kimia atau teknologi yang digunakan. Tentu setiap cara ini tidak dapat dibandingkan satu sama lain mengingat tidak ada keseragaman kandungan bijih besi-nya. Misalnya baja khusus di Indonesia memiliki kandungan karbon tinggi, sehingga sudah ada sifat keras dan daya tahan tinggi yang mengakibatkan perlunya penurunan jumlah kandungan karbon dann hanya perlu menambahkan elemen lainnya.

Walaupun demikain Special Steel tidak selalu berpatokan pada sifat mekains adapun  beberapa sifat khusus yang menjadi tujuan pengolahan, adalah sebagai berikut beserta penjelasannya;

  • Kekuatan, tujuan utama kekhususan yang sangat penting dan merujuk pada kekuatan tarik (yield streght) Bisa ditingkatkan dengan  penambahan paduan manggan, niobium dan vanadium. 
  • Ketangguhan, atau sifat keras dengan memurnikan dan menambah ketebalan sehingga tidak mudah "retak" dengan pemberikan heat treatmen atau temper dan pendinginan melalui rendalam air (quenching). 
  • Daktilitas, Mengurangi resiko keausan sehingga memgurangi perambatan yang mengakibatkan retak, dengan proses pemijaran. Kualitas ini dapat Dicapai dengan paduan dengan penambahan Elemen logam mineral Seperti nikel, manggan, atau tungstein (wolfram).
  •  Weldibility, Semua baja yang diperintukan untuk kebutuhan struktural harus mudah di las (welding) seperti sifat kemampuan menyatu dengan besi atau baja lainnya,  mendingin.
  • Daya tahan, properti baja, qui est tahan dari korosi atau kerusakan pencegahan. Ulasan berarti pengelompokan yang paling umum memberikan baik perlindungan korosi untuk bangunan baja adalah dengan lukisan atau galvanizing.
Namun untuk kebutuhan desain, sifat mekanik berasal dari nilai-nilai minimum yang ditentukan dalam standar. Weldability ditentukan oleh kandungan kimia pada elemen paduan (alloying substance). Sedangkan kualitas ktangguhan tergantung pada jenis paduan khusus seperti 'karbon baja' atau 'stainless.

Special Steel yang dimaksud biasanya adalah baja dengan kualitaskekuatan yang tinggi, karena ini adalah baja khusus yang benar-benar special. Baja yang kuat biasanya langsung dibuat/dicetak langsung sesuai kebutuhan, inilah istilah yang biasa dimaksudkan oleh Special Steel tersebut.

No comments:

Post a Comment