Tuesday 26 January 2016

Indonesia Sebagai produsen Low Carbon Special Steel



 Baja karbon rendah adalah jenis logam yang memiliki unsur paduan terdiri dari jumlah yang relatif rendah karbon. Pengolahan baja karbon ini diperuntukan untuk kebutuhan khsusus, dengan demkian disebut dengan baja khusus atau Special Steel Indonesia.
 
Low carbon steel biasanya memiliki kandungan karbon yang berkisar antara 0,05% dan 0,30% dan kandungan manggan yang jatuh antara 0,40 dan 1,5%. Baja karbon rendah adalah salah satu jenis yang paling umum dari baja yang digunakan untuk tujuan umum, sebagian karena sering lebih murah daripada jenis lain dari baja.
 
Low carbon yang cocok untuk mendongkrak pasar besi dan baja memang adalah low carbon yang terkategori pada 3 kelompok besar;
·        Baja dengan kandungan karbon antara 0,30 % – 0,40 % untuk kegunaan: batang penghubung (connecting rods), poros as (axles) dan crank pins.
·        Baja dengan kandungan karbon 0,40 % – 0,50 % C : As roda mobil, poros engkol (crankshaft), rel, boilers, auger bits, dan perkakas.
·        Baja dengan kandungan karbon 0,50 % – 0,60 % C : martil dan mata luncur

Sementara baja biasa memliki sifat dengan kualitas dan sifat ini cocok dengan untuk kemudian dibuat berbagai bahan manufaktur seperti; flat-rolled lembaran atau strip baja.  Barang yang terbuat dari baja karbon rendah bersaing dengan produk yang dapat diproduksi menggunakan stainless steel dan logam paduan aluminium. Sepcial Steel dengan kandungan karbon rendah dapat digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang-barang; mulai dari peralatan rumah tangga, dan bahan fabrikasi atau aseembly seperti sisi kapal. Wire steel khususpun bisa diproduksi dengan baja karbon dan timah pelat rendah.

 
Karena memiliki jumlah rendah karbon di dalamnya, baja biasanya lebih lunak daripada jenis lain dari baja. Akibatnya, dapat digulung tipis menjadi produk seperti panel bodi mobil. Kandungan karbon untuk panel yang terbuat dari paduan baja karbon sangat rendah biasanya kurang dari 0,10%. Kandungan karbon untuk produk seperti pelat baja konstruksi, atau dengan melalui proses forging, stamping, biasanya lebih tinggi, biasanya sampai dengan 0,30%.

Pipa adalah produk umum yang dibuat dari kategori karbon yang lebih tinggi. Umumnya, pipa baja karbon rendah digunakan untuk zat transportasi seperti gas dan minyak.  Proses pembuatan baja serta metode deoxidation dapat mempengaruhi sifat-sifat baja karbon rendah. Secara umum, sifat ini sebanding dengan besi. Baja karbon rendah biasanya memiliki sifat lunak dan lebih lentur dari baja yang mengandung kandungan karbon yang lebih tinggi. Hal ini dapat membuat mereka lebih mudah untuk mengelas.

Perencanaan pembangunan pabrik Super Low Carbon Titanium Nickel Special Steel ini akan diperuntukan sebagai bagian bagian panel alutista dan kebutuhan militer.

No comments:

Post a Comment