Sunday 17 January 2016

Indonesia sebagai negara pengekspor Special Steel.

Meskipun banyak produk yang bisa dibuat dari besi, salah satu yang paling diminati oleh pasar adalah Special Steel atau “baja khusus”. Dalam industri manufaktur besi, istilah Special Steel mengacu pada sebuah produk baja paduan yang memiliki sifat sifat tertentu untuk kemudian dapat diolah lagi tergantung pada kebutuhan. Diantara kebutuhan kebutuhan ini, Special Steel atau baja paduan dapat diolah menjadi bagian bagian industri, otomotif, alat pakai rumah tangga, konstruksi dan peralatan lainnya seperti alat olahraga, karoseri dan lain lain.
Dengan keunikan keadaan vulaknik yang terjadi di kepulauan Indonesia, bijih besi mudah ditemukan. Besi di Indonesia sangatlah istimewa karena sifatnya yang kuat, karena sudah memiliki unsur karbon secara alami. Sifat ini sebenarnya bisa dicapai dengan mencampurkan-nya pada pengolahan bijih besi murni dengan karbon, namun demikian kandungan karbon yang unik serta struktur inilah yang memerlukan mekanisem khusus dibandingkan yang bisa didapat secara alami.
Special Steel Indonesia

Special Steel adalah istilah yang biasa digunakan secara global, di Indonesia produk ini lebih dikenal dengan istilah baja khusus. Semua Special steel adalah baja yang telah dicampur dengan elemen mineral atau kimia lainnya. Hal ini diperlukan untuk kebutuhan tertentu, demikian itulah mengapa muncul istilah khusus dalam istilah itu yakni untuk kebutuhan khusus. Kebutuhan ini beragam, mulai dari kelenturan, kekuatan, bentuk bahkan ketahanan terhadap suhu tertentu.
Walaupun Special Steel Indonesia dapat dikelompokan sebagai baja kuat atau keras, sifat lainnya pun masih bisa dicapai dengan proses lanjutan. Campuran baja yang dikenal dengan nama Mushet, terdiri atas unsur tungsten (wolfram) sebanyak 4 s.d 12%, manggan sebanyak 2% kemudian 1 s.d 3% terdiri atas karbon. Dibandingkan dengan baja biasa, paduan-nya hanya 2-10%. Unsur paduan baja khusus memiliki komposisi mulai dari 10%, 50% dan bahkan sampai 70%. Hasil campuran ditambahkan bisa memberikan Memberi kekuatan tinggi dan ketangguhan, serta sifat mekanik, biokompatibilitas dan kinerja.
Indonesia memiliki bijih besi yang sangat melimpah, sehingga sangat mudah mengikuti perkembangan pasar besi dan baja. Melimpahnya bijih besi ini memungkinkan perindustrian baja maupun Special Steel di Indonesia berkembang dengan pesat. Baja Khusus yang tersedia di Indonesia dapat memenuhi pasar baja-karbon (high-quality carbon). Kualitas ini adalah salah satu dari 3 klasifikasi baja khusus, dimana 2 kelompok lainnya adalah baja paduan (alloy steel) dan baja-berat paduan (high-alloy steel).
Baja khusus di Indonesia memiliki struktur dengan karbon yang tinggi sehingga sangat keras. Jenis atau kualitas besi ini dapat memenuhi sifat mekanik (mechanical properties) seperti per (spring), ball bearing (lakher), perkakas stainless. Walaupun demikian Baja ekspor Indonesia berjumlah kecil bila dibandingkan dengan Jepang atau China. Meskipun demikian baja khusus di Indonesia memiliki keunggulan karena kestabilan produksi yang baik.

No comments:

Post a Comment