Monday 25 January 2016

Fokus produksi pada Low carbon Special Steel



Fokus produksi pada Low carbon Special Steel

 Setelah adanya harapan baru di pasaran besi dan baja Indonesia, Akhirnya pemerintah akan memberikan stimulus/insentif khusus kepada perusahaan yang menghasilkan Special Steel Indonesia. Hal ini memang sudah lama ditunggu tunggu oleh para pelaku pasar besi dan baja khusus di bidang Special Steel. Bijih di Indonesia cocok dengan sifat mekanis seperti baja konstruksi, besi plat atau wire steel. Perlunya fokus produksi ini dilakukan untuk mendorong angka produksi demi kelangsungan pasar regional.
 
special steel indonesia
Special steel indonesia
Pertumbuhan sektor Industri Logam Dasar pada 2013 sebesar 6,93% atau lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,78% maupun pertumbuhan industri pengolahan non migas sebesar 5,56%. Pemerintah Indonesia melalui kementrian perindustrian mengatakan Pertumbuhan sektor industri logam dasar tersebut dipicu salah satunya oleh tingginya investasi yang dilakukan industri pada sektor ini, termasuk salah satunya pembangunan pabrik baja khusus atau special steel.


Pembangunan pabrik ini adalah untuk memenuhi harapan peningkatan pertumbuhan industri logam dasar melalui produksi Special Steel. Perusahaan perusahaan yang memiliki divertifikasi produk, harus mengutamakan ke Low Carbon Special Steel. Indonesia pun akan diproyeksikan memproduksi baja khsusus (special steel) yang memenuhi kebutuhan alutista dan perkapalan. Kalau memang mau lebih memfokuskan lagi, pabrik pabrik ini dapat lebih memfokuskan ke Super Low Carbon Nickel Titanium Special Steel untuk kebutuhan industri militer.

Jika terealisasi maka Indonesia akan menjadi Negara ketiga di dunia yang memiliki pabrik Special Steel. Proyeksi ini akan semakin terealisasi bila perusahaan dapat memenuhi pasar sebesar 100 ribu meter ton pertahun.

Pada dasarnya hal ini sudah dalam langkah yang sesuai karena menyesuaikan diri dengan keadaan bijih besi di Indonesia. Salah satu acuan penting dari pengolahan Special Steel mungkin dapat diperhatikan pada penggunaan teknologi-nya. Walaupun selama ini Jepang memiliki teknologi paling mutakhir dalam pengolahan besi, diharapakan perusahaan Special Steel di Indonesia dapat meniru manajemen energi ramah lingkungan dan pengurangan limbah logam yang dimiliki Jepang.

Fokus produksi ini pun harus di dukung oleh pemerintah sepenuhnya, tidak hanya pada dukungan politik namun juga secara ekonomi dan sosial. Kalau memang perusahaan Special Steel di Indonesia sangat menjanjikan maka Special Steel di Indonesia harus dilindungi oleh regulasi, atau setidaknya diberikan tax holiday. Keperluan lainnya yang bisa diperhatikan adalah perlunya sistem regulasi terhadap karyawan pabrik. Hal ini penting mengingat setidaknya satu perusaahan pabrik bisa menyerap lebih dari 1500 tenaga kerja.

Adanya dukungan oleh pemerintah ini akan membuahkan hal yang baik, yakni mendorong produksi special steel serta efek sosial-ekonominya, namun juga dapat menggunakan manfaat secara maksimal untuk alutista Negara. Pemaksimalan ini akan membuah multiple effect kepada masyarakat Indonesia secara luas.

No comments:

Post a Comment